kencur,sikencur,aplikasi,tips dan trik, informasi,aplikasi sekolah gratis,pendidikan,aplikasi sekolah,bejalar office

Tips Mengatasi Virus Shortcut

Tips Mengatasi Virus Shortcut.jpg

Tips Mengatasi Virus Shortcut merupakan tips lanjutan dari Tips Mencegah Terkena Malware Shortcut (Virus Shortcut), setelah kita dapat mencegah atau setidaknya kita telah berusaha untuk menjauhkan komputer / laptop / notebook dan flashdisk kita agar tidak terjangkit Virus Autorun. Ingat, Pencegahan lebih baik dari pada mengobati (kata dokter :D ). Lalu bagaimana langkah-langkah yang harus kita lakukan apabila komputer dan flashdisk kita telah terindikasi maupun terinfeksi virus shortcut tersebut, atau dengan kata lain bagaimana kita akan mengobati Personal Computer a.k. Komputer or notebook (Laptop) yang sudah terkena penyakit menular autorun ini dan telah menjadi anggota dari penyebar virus / malware shortcut?

Untuk mengatasi virus shortcut bagi sebagian orang yang sudah mahir IT ini akan sangat mudah dilakukan, namun bagi kita yang belum mahir IT maka ini akan menjadi sedikit rumit, mengapa bisa begitu? hanya tuhan yang tahu jawabannya hehehe. Seperti sebelumnya, Tool atau aplikasi tambahan yang akan kita gunakan untuk membasmi virus autorun/shortcut sampai ke inangnya/induknya adalah CCleaner Free version milik piriform.com, anda bisa mendapatkannya di https://www.piriform.com/CCLEANER dan untuk antivirus sebagai scanner serta blokade terhadap virus shortcut dan virus-virus lain yang saya sarankan adalah Avast Internet Security milik avast.com.

Setelah kita mendapatkan 2 aplikasi tersebut, langkah selanjutnya untuk membasmi virus autorun pada komputer kita adalah :
1. Install Avast Internet Security.
2. Install CCleaner milik piriform.
3. Jalankan aplikasi CCleaner, masuk ke Tab Tool, pilih menu Startup.
disini kita harus teliti dan jeli dalam mencari gen atau induk dari virus autorun, untuk nama startup dan nama file biasanya randum atau acak tidak jelas. Apabila dapat kita temukan, maka klik kanan pada list startup tersebut dan pilih Open Containing Folder. Setelah explorer terbuka dan kita temukan file inang tersebut maka hapus file tersebut dengan menggunakan tombol Shift dan tombol Delete (ditekan bersamaan). Tutup explorer tersebut dan kembali ke CCleaner, Klik kanan lagi di list startup yang kita curigai sebagai inang virus lalu pilih Open in RegEdit…, tidak lama kemudian Regedit akan terbuka dan klik kanan lalu hapus registry dari startup pemicu gen virus autorun dan tutup Regedit.
4. Lakukan Scan menggunakan Avast Internet Security terhadap direktori atau folder User pada drive system anda. Untuk memantapkan silahkan Scan seluruh Drive yang ada di komputer anda dengan menggunakan Boot-time scan. Restart PC kita dan tunggu proses scan berlangsung.
Dengan langkah-langkah tersebut virus autorun akan tidak bisa berlangsung peranakannya pada pc kita.

Untuk membasmi virus autorun pada flashdisk cukup scan flashdisk kita dengan menggunakan Avast internet security dan untuk mengembalikan folder dan file milik kita yang telah terhidden dapat kita gunakan aplikasi Total commander milik http://www.ghisler.com/. Buka Total Commander, pilih Configuration, pilih Option, pada menu Display silahkan centang Show hidden/sytem files(for expert only), masuk ke menu Operation pilih Left mouse button, lalu klik OK. Arahkan Total Commander ke drive Flashdik kita, Maka folder dan file kita yang terhidden akan terlihat, untuk mengembalikan Atribut file dan folder tersebut silahkan pilih folder dan file tersebut lalu klik menu Files dan pilih Change Attributes. Setelah window Change Attributes terbuka, ceklist / centang pada Recurse Subdirectories, biarkan apa adanya pada atribut a, uncheck / atau jangan centang dan pastikan checklist r (Read-only) kosong tidak berwarna, begitu pula pada atribut h (hidden) dan s (system file), Lalu klik OK!. Dan file kita akan kembali.

Jika Tips Mengatasi Virus Shortcut ini bermanfaat maka alhamdulillah :)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *