kencur,sikencur,aplikasi,tips dan trik, informasi,aplikasi sekolah gratis,pendidikan,aplikasi sekolah,bejalar office

Memaksimalkan Kinerja Komputer Personal atau PC

speed-up-your-pc.jpg

Kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang akan terjadi setiap saat. Ini sudah menjadi hal biasa atau tidak asing lagi bagi umat manusia. Sebagai contoh saja kemajuan teknologi yang terjadi dalam dunia Komputer pada umumnya dan Komputer Personal atau PC pada khususnya. Dari jamannya manusia mengunakan sempoa sebagai alat bantu hitung, hingga kalkulator super kecil yang dapat menghitung penjumlahan, penambahan, pembagian maupun perkalian. Itu merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang terus berkembang yang memungkinkan akan ada kalkulator yang super canggih yang dapat terintegrasi langsung kedalam pikiran atau otak manusia. Setelah kita berkhayal cukup tinggi rasanya itu akan bertolak belakang dengan kemampuan Komputer atau PC kita yang pas-pasan, ditambah lagi dengan kebiasaan kita yang sembarangan dalam menyimpan file sehinggan kinerja dan kemampuan komputer kita menjadi semakin melambat, booting sistem informasi atau booting windows pada saat dihidupkan lambat atau bahkan windows pada komputer kita terkena virus. Nah kali ini saya akan berbagi bagaimana kita dapat memaksimalkan kinerja komputer kita, khususnya Komputer atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows (Windows XP dan Windows 7 / Seven).

mengurangi-startup-program.jpg 1. Memaksimalkan Booting Windows pada saat komputer kita dihidupkan
Untuk memaksimalkan kecepatan komputer pada saat booting atau pada saat komputer baru mulai dihidupkan anda bisa melakukan dengan mengurangi startup program atau aplikasi yang ikut langsung dijalankan pada saat komputer dihidupkan. Untuk melakukan ini anda dapat menggunakan software yang bernama CCleaner. Buka program CCleaner, masuk ke tab atau bagian Tools, pilih tab Startup lalu pilih Tab Windows dan perhatikan program atau aplikasi apa saja yang termasuk aplikasi startup. Silahkan pilih salah satu aplikasi yang anda anggap kurang penting, lalu klik disable. Untuk mencoba merasakan hasilnya silahkan restart komputer anda.

2. Disable tampilan Desktop gadgets dan Icon pada desktop (pada windows 7)
Menurut saya ini akan bermanfaat dalam kesiapan komputer saat komputer baru masuk ke tampilan windows pada saat setelah proses booting. Dengan tidak menampilkan Desktop gadgets dan Icon Desktop pada desktop anda maka ini akan memangkas beberapa detik. Untuk Disable tampilan Desktop gadgets dan Icon pada desktop bisa anda lakukan dengan klik kanan pada desktop lalu arahkan ke menu view.

3. Set Performance Options
Pada langkah ini kita harus memilih, apa yang akan kita maksimalkan dari komputer atau PC kita. Apabila kita memilih Adjust best Appearance maka kita memaksimalkan PC kita pada tampilannya atau istilahnya Best Looking, Apabila kita memilih Adjust bes Performance maka kita memilih opsi agar komputer kita memaksimalkan kinerja pada kecepatan saja dengan mengabaikan best looking, dan pada opsi Custom maka kita dapat memilih dan memilah mana saja pilihan effect visual yang akan kita pakai dana mana saja efek yang tidak akan kita gunakan. Tentunya itu semua tidak lepas dari spesifikasi atau kemampuan dan hardware atau perangkat keras yang terpasang pasa komputer kita.
Untuk set performance pada windows 7 klik startmenu, klik kanan pada Computer, pilih Properties, lalu klik pada Advanced System Setting, di bagian anvanced dan groupbox Performance klik tombol Setting.

Usahakan-menaruh-file-didalam-folder.jpg 4. Usahakan menaruh file didalam drive harddisk didalam folder.
Untuk langkah yang ke empat ini dapat mempercepat kinerja Explorer atau My Computer (pada win xp) dan Menu Computer pada windows 7 dalam membuka drive, misalnya membuka drive D pada harddisk di PC kita. Mengapa ini dapat mempengaruhi kecepatan kinerja Explorer? ya tentu saja ini berpengaruh dalam proses indexing file pada saat kita membuka Explorer, semakin banyak file yang berada langsung pada drive tertentu, maka ini akan memperlambat kecepatan explorer pada saat di jalankan. Setelah saya amati drive C pada windows 7 ( drive yang dipakai untuk install system operasi windows 7 ), pada drive ini hampir semua file berada dalam direktori atau folder, dan ketika kita membuka Explorer lalu mengarahkan ke drive C maka akan berasa lebih cepat dari pada kita membuka drive yang lain.

bersihkan-file-Temporary.jpg 5. Gunakan CCleaner dan bersihkan file Temporary ataupun file yang terdapat pada Recycle bin.
Jalankan CCleaner, Pilih menu Clean, lalu klik tombol Analyze, setelah proses analisa selesai silahkan klik tombol Run Cleaner.

Scan-for-Issues-Registry.jpg 6. Gunakan CCleaner untuk membersihkan registry yang sudah tidak terpakai.
Jalankan CCleaner, Pilih menu Registry, lalu klik tombol Scan for Issues, setelah proses scan selesai silahkan klik tombol Fix selected issues, jiks terdapat dialog yang menanyakan Backup registry anda dapat memilih yes untuk membackup dan pilih no untuk langsung menjalankan Fix.

Tentunya semua kembali lagi terhadap hardware atau perangkat keras yang terpasang pada PC kita. Semoga dapat bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *